Mahalnya Sebuah Ilmu

Mahalnya Sebuah Ilmu

I'm not Monkey

Pas liburan kemarin iseng-iseng, Jono pergi sebuah toko hewan (pet-shop). Niatnya dari rumah adalah pengin mencari kandang buat Hamster soalnya yang lama sudah sesak. Masuklah ke toko hewan, tengak-tengok mencari kandang yang dimaksud. Tiba-tiba seorang laki-laki masuk dan langsung bertanya kepada penjaga toko. “Monyet itu harganya berapa mas?“. Dengan ramahnya penjaga menjawab, “Oh…kalau yang itu harganya 25 juta..!”. Tanpa pikir panjang laki-laki itu mengeluarkan segepok uang dari tasnya dan langsung membayar monyet itu dengan tunai. Setelah itu monyet dalam kandang langsung dibawa pulang.

Menyaksikan kejadian itu, Jono jadi penasaran. “Monyet apaan kok harganya sampai 25 juta”. Untuk mengobati rasa penasaran, Jono menanyakan langsung ke penjaga toko. “Mas monyet kecil begitu kok harganya sampai 25 juta sih?”. Si penjaga menjawab dengan singkat, dan tanpa emosi sedikitpun.  “Oh,,, kalau yang tadi itu mahir program Visual Basic”. Si Jono kaget dan heran, yang notabene dia adalah mahasiswa informatika semester 3. Ditengah keheranan, masuklah seorang ibu (bersama ajudannya) yang kalau dilihat dari penampilannya seperti seorang yang mempunyai kekuasaaan. Si ibu langsung menuju kandang yang posisinya sebelah kanan depan  Jono. “Mas saya mau beli yang ini mas?“, si ibu berbicara dengan penjaga toko. “Mau bayar tunai apa cek bu?”, tanya si penjaga. “Tunai saja”, jawab singkat si ibu. Langsung si ibu mengeluarkan sepuluh  gepok uang 100 ribuan dan menyerahkan kepada si penjaga. Si penjaga menerima dengan hati-hati kemudian membuatkan kuitansi. Setelah selesai si ibu beranjak pergi, sementara sang ajudan menggotong kandang yang berisi monyet tadi menuju mobil yang sudah diparkir didepan toko.

Lebih penasaran lagi si Jono, langsung tanya dengan si penjaga. “Yang tadi monyet apalagi kok harganya sampai 100 juta?”. Si penjaga menjawab dengan entengnya seperti biasa, “Monyet yang tadi itu mahir .NET, PHP”. Si Jono melongo mendengar jawaban si penjaga toko.  Saking penasarannya mendekatlah Jono ke kandang monyet di pojok toko, dan matanya langsung tertuju pada label yang ada dikandang. “Mas kalau monyet ini kok harganya sampai 500 juta?“. Si penjaga diam sambil merapikan susunan makanan kucing yang ada dirak, terus mendekati si Jono, “Yang ini mas….?”, sambil menunjuk monyet dalam kandang. “Yang ini adalah project manager yang mahir bahasa program JAVA dan sudah mengantongi beberapa sertifikat dari Sun Microsystem”.

Si Jono nyengir mendengar jawaban penjaga toko. Dalam penjalanan pulang si Jono pikirannya berputar-putar, ternyata ilmu itu mahal lebih-lebih ilmu yang diimbagi kecakapan khusus.

Terinspirasi dari buku A Project Management Primer (Nick Jenkins 2005).

antokoe/12012010


view 3821 times.

56 comments

  1. bener bgt ilmu itu mahal,,klo harta mahal bisa abiz tapi klo ilmu ga bs abiz smpe aki-aki…

    Reply
  2. Jangan-jangan Ilmu saya tidak lebih mahal dari harga seekor monyet ya bos, hehehehehehe

    Reply
    • jangan ngaku ah…, malu…., he…he…
      .-= antokoe´s last blog ..Mahalnya Sebuah Ilmu =-.

      Reply
    • barangkali yang bikin mahal itu monyet-nya ya, bukan ilmu kan? hehe

      btw, ada moral story-nya dari cerita di atas:
      1. ilmu memang mahal
      2. orang berilmu bisa dibeli dengan uang
      3. orang yang beruang lebih powerful daripada yang punya ilmu
      .-= iip albanjary´s last blog ..Indonesia’s biodiversity at a glance =-.

      Reply
  3. Hello, to make friends, to take a look at my blog!

    Reply
  4. analogi monyet=manusia? haha,,, lucu juga.
    .-= hanif IM´s last blog ..Jasa MyWOT =-.

    Reply
  5. lah bukannya murah ya mas? ntu buktinya ada yang beli *ndak ngeh sbenernya saya mas maksudnya begimana*
    .-= ramudeng´s last blog ..HALLOO…!!! =-.

    Reply
  6. wah monyetnya canggih juga ya mas…:) hihihi..lbh canggih dr manusia.. :)
    .-= Diajeng´s last blog ..Bunga Syurga Itu Adalah Wanita, dan Wanita Itu Adalah “Ibu Kita” =-.

    Reply
  7. salam kenal…kunjungan malam nich…:)

    Reply
  8. walau monyet kalau canggih jadi berharga mahal ya Mas Antoe,
    apalagi manusia ……..
    analogi yang masuk akal………..
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Jendela Hati =-.

    Reply
  9. bisa-bisa saya inilebih tak bermutu dibanding monyet ya mas…
    salam kreatif, terima kasih kunjungan di blog saya
    .-= budies´s last blog ..RUMAH BESAR YANG MEMBANGGAKAN =-.

    Reply
  10. wahwah wah….monyet aja bisa lebih pintar..
    apalagi manusia ya? hehe

    Reply
  11. sama kayak di perusahaan/kantor ya, yang sarjana gajinya lebih tinggi dibanding yang lulusan SD :)
    .-= Kakaakin´s last blog ..Makan Kepiting Asam Manis =-.

    Reply
  12. ilmu itu sangat mahal, memang kalau mau kuliah ke PT favorit orang kampung harus sediakan 5 ekor sapi atau kerbau, kalau tidak jangan harap bisa masuk

    Reply
  13. itulah mengapa, org yg bekerja dengan otak akan mendapat gaji yg lebih mahal dari pada org yg bekerja dengan menggunakan otot
    .-= Ongki´s last blog ..Promo terbaik TELKOMSEL untuk mengawali tahun 2010 =-.

    Reply
  14. sekolah kudu setinggi tingginya yah..tapi ya dibarengi ama minat masing2 lah

    Reply
  15. saia dapat memahami arti postingan ini, saia juga berusaha untuk mendapatkan ilmu tersebut walau semahal apa pun jika nantinya dapat menghargai hidup saia nanti kelak di masa depan
    .-= gajah_pesing´s last blog ..Keyword Density =-.

    Reply
  16. Kalo orang punya ilmu segitu, harganya berapa ya?
    .-= NegeriHijau.Com´s last blog ..How to remove background images with InstantMask? =-.

    Reply
  17. setuju banget ilmu itu mahal. Menuntut ilmunya saja sudah mahal :(
    .-= yayat38´s last blog ..Memilih Yang Terbaik Ternyata Lebih Sulit dari Menulis Itu Sendiri. =-.

    Reply
  18. monyet aja kalo pinter dihargai segitu mahal, apalagi orang dengan pendidikan memadai dan punya skill bagus di bidangnya harus digaji mahal juga, supaya gak korupsi nantinya
    .-= Mamah Aline´s last blog ..sekedar makan siang =-.

    Reply
  19. hadiirrr….

    hahahaha… biarpun kemampuanku ga dihargai sebesar itu.. aku nggak iri kok… soale aku bukan monyet je.. hahahahaha… mantap analognya….

    cu…

    Reply
  20. Selamat Sore,
    Selamat hari Kamis,
    Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

    Salam Hangat,
    AbulaMedia.com
    .-= Abula´s last blog ..Embedding Video Youtube di WordPress =-.

    Reply
  21. kuiah saja sekarang mahal
    gak salah kalau ilmu mahal :(

    Reply
  22. Sekloah mencari IP (mahal biayanya)
    Tradisi pelajar dari TK sampai gelar sarjana = copas
    Jika dapat tugas : SD + SD + SD + SD = SS
    soal : soal dibaca + soal dimengerti + soal dikerjakan + soal diperiksa = soal selesai
    ketika IT dapat tugas :
    If saya “mengerti” Then
    saya ”kerjakan”
    Else saya “tidak dimengeri” Then
    saya “copas”
    If saya “copas” Then
    saya “belajar bodoh”
    Else saya “edit hasil copas” Then
    saya “lebig mengerti”
    End if
    End if

    Setelah lulus dan bekerja maka mendapatkan value rupiah (mahal)
    Maka IP akan hilang jika seperti ini :
    If IP “tidak dimanfaatkan” Then
    IP “akan hilang”
    Else IP “dimanfaatkan” Then
    IP “semakin bertambah”
    End if

    salam KBM :D :D
    .-= andipeace´s last blog ..Belajar Dari Bocah =-.

    Reply
    • mampir lagi :D :D
      maaf kodenya ada yang ketinggalan (>)
      isin akyu :D :D
      pasti seng moco ngguyu hehehehe
      .-= andipeace´s last blog ..Sebuah Keterbatasan =-.

      Reply
  23. Paling gak kita semakin mau belajar dan menuntut ilmu
    karena kita manusia bukan monyet.
    Salam

    Reply
  24. Tulisan yang bagus Mas…Apa jadinya manusia tanpa Ilmu, padahal dalam agama apapun kita diharuskan menuntut Ilmu, untuk kebaikan, untuk kemaslahatan banyak Orang..Mungkin kalo manusia tanpa Ilmu…Ya kalah sama Monyt seperti yang di gambarkan diatas yah…

    Salam Kenal Mas, terimakasih atas kunjungannya ke tempat saya
    .-= atmakusumah´s last blog ..Menjadi Jiwa Yang Dewasa… =-.

    Reply
  25. setuju belajarlah yang rajin seperti monyet tersebut….

    Reply
  26. orang berilmu gampang dapet duit yach ???

    Reply
  27. juga banyak yg lupa kalo ilmu itu berasal dari mana, toh sifatnya hanya sementara… ^_^
    .-= cantigi´s last blog ..Mini 4WD: mini 4wd open hangar =-.

    Reply
  28. sangat inspiratif dan bermanfaat
    keren bro
    .-= julie´s last blog ..Setahun dBlogger dibuka dengan buku anggota dBlogger =-.

    Reply
  29. Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap perbaikan karena roda pendarat mengalami gangguan.he he he.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

    Reply
  30. Kalo monyet yang pinter masak, nyuci pakaian, nyuci piring N ngepel harganya berapa yah..?? Xixixiix….
    Kan pinter juga tuh :D
    .-= Zippy´s last blog ..Kelas VIP di Rutan Pondok Bambu =-.

    Reply
  31. wah wah wah…………….
    monyetnya pinter2 gitu….
    siapa yang ngajari iawh????
    .-= ade uny´s last blog ..Bangga Budaya Indonesia bersama Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC =-.

    Reply
  32. keren, keren, keren….
    itu ngajari monyet kan???

    bezog2 aku tag ngajari kucing biar dia bisa nge blog.
    hahahhahahahahha………………..
    .-= yuni´s last blog ..Sungguh Rapuh Hatiku =-.

    Reply
  33. lucu banget ceritanya tapi punya arti yang mendalam…ilmu emang mahal, saya udah bayar mahal2 untuk kuliah aja masih belum bisa pinter kayak monyet2 itu, padahal bayarnya juga mahal..hehehe
    .-= tamiya modelkits´s last blog ..DEX210 2WD Team Durango Buggy Prototype Pictures =-.

    Reply
  34. jadi yang mahal ilmunya apa monyetnya ya?
    wakakakakaka kabooorrrrrrrrrr

    Reply
  35. semahal-mahalnya binatang, aku gak mungkin beli…. selain mahal, juga gak suka banget ama binatang apapun….
    .-= yangputri´s last blog ..Bimbang =-.

    Reply
  36. buset dah saya kalah sama monyet…
    hehehehe

    Reply
  37. sebelum monyet adalah manusia puba terus manusia dan monyet :D (benaarkah demikin)

    Reply
  38. makanya ada pepatah yg mengatakan tuntutlah ilmu sampai negeri cina, mahal kan mas, mau ke cina udah berapa ongkosnya heheh
    becanda mas, tapi memang bener ilmu itu mahal, untuk mendapatkannya kita musti belajar dan terus belajar, nah selama proses belajar itu udah berapa banyak waktu dan materi yang dikeluarkan.
    .-= tary´s last blog ..Benarkah cowok memiliki selera yang sama terhadap cewek?? =-.

    Reply
  39. pelajaran yang diambil : Uang akan mengikuti kemana ilmu berada. bahkan ketika berada pada seekor monyet
    .-= mandor tempe´s last blog ..Dimanfaatkan =-.

    Reply
  40. Ilmu memang mahal mas… apalagi di jaman sekarang mas, semua dinilai dengan uang. Jaman dulu potong rambut gratis mas, tapi sekarang harus mbayar, karena potong rambut ada ilmunya.

    Reply
  41. huwaa…..
    di zaman skrg semua serba mahal ya, mas…
    bahkan ilmu ajah dinilai dg UANG :D
    .-= vany´s last blog ..Beda Kota Besar dan Kota Kecil =-.

    Reply
  42. monyet aja mahal ya Pak…. Nanti akan ada kucing mahir desgn web.

    Reply
  43. setuju… oleh karena itu mari kita buat ilmu menjadi lebih murah, ya walaupun tetap mahal bagi sebagian orang
    .-= imadewira´s last blog ..Hamil Sebelum Menikah =-.

    Reply
  44. mahal tapi akan lebih tergali mas dengan kita berbagi ibarat kita mancing ikan kecil siapa tahu ada ikan besar yang datang
    .-= Omiyan´s last blog ..Microsoft Excel : Membuat Data Base Sederhana Dan Tabel Pencarian Data =-.

    Reply
  45. saya ingin monyet yang bisa ajarin saya HTML 2.0 – 5.0 aah..ketinggalan banget saya baru paham yang 1.0 :D
    .-= ravimalekinth´s last blog ..Kartu Pos Dari Klinik Gigi =-.

    Reply
  46. Haha… sentilan yang pas.
    Ilmu memang sudah sepatutnya dihargai mahal, karena untuk mendapatkannya juga harus ditebus dengan harga mahal (materil dan imateril).
    .-= Dhany´s last blog ..SEO: Penentuan Tujuan =-.

    Reply
  47. kalau menurut saudara saya ” gua tidak bakalan kaya kalo gw tidak pintar “

    Reply
  48. kesimpulanya allah telah nenuliskan takdirnya “orang kaya itu pasti oranya pintar”,namun tidak semua orang susah(miskin) itu kurang ilmu(bodoh)

    Reply
  49. saya setuju pak :D

    http://fabiantactlest.wordpress.com

    Reply

Have your say

%d bloggers like this: